Pages

Subscribe:

Generasi-generasi Komputer



Komputer generasi pertama (1945-1959)
Komputer pada generasi ini mempunyai ciri-ciri seperti berikut :
-Komponen utama perangkat kerasnya untuk pembuatan sirkuitnya adalah tabung hampa udara (Vaccum Tube).
-Bahasa pemrograman yang digunakan adalah Machine Language (bahasa mesin), yang merupakan bahasa pemrograman yang terdiri dari kode – kode pada bilangan binari.
-Mengunakan konsep stored – program dengan memori utamanya adalah magnetic core storage.
- Ukuran fisik komputer yang relatif besar sehingga memerlukan ruangan yang luas.
- Membutuhkan daya listrik yang besar sehingga mengakibatkan mesin komputer menjadi cepat panas.
- Proses pengolahan datanya relatif lambat.
Contoh – contoh komputer yang ada pada generasi pertama antara lain :

  • UNIVAC II (pabrik pembuatnya Sperry Rand – Univac)
  • MARK II, MARK III, IBM 702, IBM 704, IBM 709 (pabrik pembuatnya IBM)
  • BIZMAC I, BIZMAC II (pabrik pembuatnya RCA)
  • CRC, NCR 102A, NCR 102D ( pabrik pembuatnya National Cash Register). 

Komputer generasi kedua (1959 – 1964)
Komputer pada generasi kedua ini mempunyai ciri-ciri sebagai berikut :
a.       Komponen yang digunakan adalah Transistor.
b.      Bahasa pemrograman yang digunakan bahasa tingkat tinggi (high level language) seperti FORTRAN, COBOL, ALGOL (The Algorithmic Language).
c.       Kapasitas memori utama sudah cukup besar dengan pengembangan dari magnetic core storage, dapat meyimpan puluhan ribu karakter.
d.      Terdapat 2 (dua) simpanan memori yang digunakan untuk penyimpanan data yaitu :
·           Magnetic Disk,
·           Magnetic Tape.
e.       Ukuran fisik komputer lebih kecil dibandingkan dengan komputer generasi pertama.
f.       Membutuhkan lebih sedikit daya listrik.
g.       Proses pengolahan datanya lebih cepat, dapat memproses jutaan operasi per detik.
h.      Contoh komputer yang berkembang pada generasi kedua adalah :
·         UNIVAC III, UNIVAC SS80.
·         IBM 7070, IBM 7080, IBM 1400, IBM 1600.
·         NCR 300.
·         CDC 1604, CDC 160A. 

Komputer generasi ketiga (1964 – 1970)
Komputer generasi ketiga mempunyai ciri – ciri sebagai berikut :
a.       Komponen yang digunakan adalah Integrated Circuit (IC), yang berbentuk hybrid integrated circuits dan monolithic integrated circuits.
b.      Peningkatan dari softwarenya.
c.       Lebih cepat dan lebih tepat. Kecepatannya hampir 10000 kali dari komputer generasi pertama. Ukuran kecepatannya adalah microsecond (jutaan operasi perdetik), bahkan sampai nanoseconds (milyard operasi perdetik).
d.      Penggunaan listrik lebih hemat dari generasi komputer sebelumnya.
e.       Dalam pengolahan datanya dikenal istilah Multiprocessing, yaitu dapat memproses sejumlah data dari sumber – sumber yang berbeda pada waktu bersamaan dan Multiprogramming, yaitu dapat mengerjakan beberapa program sekaligus.
f.       Pengembangan dari input – output yang menggunakan visual display terminal yang menampilkan gambar – gambar dan grafik, dapat menerima dan mengeluarkan suara, serta penggunaan alat pembaca tinta magnetik yaitu MICR ( Magnetik Ink Characters Recognition) reader.
g.       Contoh komputer yang berkembang pada generasi ketiga antara lain :
·           UNIVAC 1108, UNIVAC 9000.
·           IBM 360, IBM 370. 

Komputer generasi ke empat (sejak tahun 1970)
Sejak dari generasi ketiga, orang sulit membayangkan komputer generasi selanjutnya, karena sudah banyak sekali perkembangan-perkembangan yang telah terjadi yang sebelumnya belum terpikirkan. Tetapi sejak tahun 1970, ada dua perkembangan yang kemudian dianggap sebagai komputer generasi keempat, yaitu :
a.       Penggunaan Large Scale Integration (LSI) disebut juga dengan nama Bipolar Large Scale Itegration. LSI merupakan pemadatan beribu-ribu IC yang dijadikan satu dalam sebuah chip. Istilah chip digunakan untuk menunjukan suatu lempengan persegi empat yang memuat rangkaian-rangkaian terpadu (integrated circuit). LSI kemudian dikembangan menjadi VLSI (Very Large Scale Integration).
b.      Dikembangkan komputer mikro yang menggunakan microprocessor dan semiconductor yang berbentuk chip untuk memori komputer (internal memory), sedang komputer generasi sebelumnya masih menggunakan magnetic core storage
Selain kedua ciri tersebut diatas, masih terdapat beberapa ciri-ciri komputer pada generasi keempat yaitu:
1.      Dibidang software, penggunaan software bahasa pemrograman dibedakan dalam 2 (dua) kelompok yaitu:
·         Bahasa Pemrograman Tingkat Tinggi (High Level Language Programming), yaitu bahasa pemrograman yang menggunakan perintah/ instruksi yang dapat langsung dimengerti oleh manusia. Contoh: BASIC, COBOL, FORTRAN, PASCAL, DBASE, dan lain-lain.
·         Bahasa Pemrograman Tingkat Rendah (Low Level Language Programming), yaitu bahasa pemrograman yang perintah/ instruksinya menggunakan kode-kode bahasa mesin (Manchine Language). Contoh: Assembler, C language
2.      Penggunaan komputer dengan sistem komputer garingan yang dikenal dengan istilah LAN (Local Area Network), yaitu jaringan komputer yang saling berhubungan satu dengan lainnya yang dihubungkan dengan kabel dalam satu area lokal.
3.      Bentuk fisik komputer pada generasi keempat sudah lebih mengarah kebentuk yang kecil seperti komputer berbentuk Desktop Computer (misal komputer-komputer PC) dan bentuk Portable.
4.      Contoh:
·         IBM PC XT, IBM PCT AT 80286.
·         Portable HP-110.
·         Apple II.

Pada masa inilah perusahaan komputer Apple memperkenalkan produk yang diberi nama Apple Macintosh pada tahun 1984. Komputer ini menjadi komputer yang terkenal karena sangat mudah digunakan (user friendly). Kemudahan dari komputer ini karena menggunakan konsep GUI (Graphical User Interface). Konsep GUI menggunakan interface WIMP (Windows, Icons, Menu and Pointing devices), yaitu menggunakan sistem windows dengan pointing devices (misalnya mouse) untuk memilih pilihan yang ada di menu – menu pilihan dan dalam bentuk icon. 

Komputer generasi kelima (sejak tahun 1990 sampai sekarang)
Dalam perkembangannya komputer generasi kelima mulai digunakan komputer yang bukan saja berorientasi pada kapasitas penyimpanan dan kecepatan dalam memproses data, komponen utamanya adalah VLSI (Veri large scale integration) yang merupakan gabungan dari LSI, tetapi dikembangkan menjadi komputer yang antara lain:
·         Dapat menerjemahkan bahasa manusia,
·         Dalam hal ini manusia dapat bercakap-cakap langsung dengan komputer.
·         Penghematan energi komputer.
·         Dapat melakukan diagnosa penyakit lebih akurat
·         Dapat melakukan pekerjaan-pekerjaan seperti yang dikerjakan oleh manusia yang kemudian dikenal dengan istilah Kecerdasan Buatan (Artificial Intellegent), yaitu suatu komputer yang mempunyai kemampuan berpikir dan bertingkah laku seperti manusia (komputer-komputer robotika).
·         Contoh komputer yang berkembang pada generasi ini adalah untuk komputer PC seperti komputer PC AT-386, PC AT-486, Pentium dan komputer-komputer yang digunakan untuk keperluan-keperluan khusus seperti komputer dalam dunia kedokteran dan lain - lain.

Komputer Masa Depan
Dengan teknologi komputer yang ada saat ini, agak sulit untuk dapat membayangkan bagaimana komputer masa depan. Dengan teknologi yang ada saat ini saja kita seakan sudah dapat “menggenggam dunia”. Dari sisi teknologi beberapa ilmuan komputer meyakini suatu saat tercipta apa yang disebut dengan biochip yang dibuat dari bahan protein sitetis. Robot yang dibuat dengan bahan ini kelak akan menjadi manusia tiruan. Sedangkan teknologi yang sedang dalam tahap penelitian sekarang ini yaitu mikrooptik serta input-output audio yang mungkin digunakan oleh komputer yang akan datang. Ahli-ahli sains komputer sekarang juga sedang mencoba merancang komputer yang tidak memerlukan penulisan dan pembuatan program oleh pengguna. Komputer tanpa program (programless computer) ini mungkin membentuk ciri utama generasi komputer yang akan datang.

Kemungkinan Komputer Masa Depan
Secara prinsip ciri-ciri komputer masa mendatang adalah lebih canggih dan lebih murah dan memiliki kemampuan diantaranya melihat, mendengar, berbicara, dan berpikir serta mampu membuat kesimpulan seperti manusia. Ini berarti komputer memiliki kecerdasan buatan yang mendekati kemampuan dan prilaku manusia. Kelebihan lainnya lagi, kecerdasan untuk memprediksi sebuah kejadian yang akan terjadi, bisa berkomunikasi langsung dengan manusia, dan bentuknya semakin kecil. Yang jelas komputer masa depan akan lebih menakjubkan.

Info lebih detail Klik disini


Comments
0 Comments

0 komentar:

Poskan Komentar

Saya bersyukur sekali jika semua artikel yang di posting bermanfaat untuk anda semua